Kamis, 26 Februari 2009

Harga Sembako Melonjak


Harga Bawang Merah Naik Berlipat

JEPARA-Menjelang Pemilu harga-harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) berfluktuatif. Sebagian harganya naik. Sebagian lagi harganya menurun. Kondisi ini lebih banyak disebabkan ada tidaknya stok barang dipasaran.

Salah satu Kepokmas yang melambung harganya minggu ini adalah bawang merah. Per kg bila minggu sebelumnya harganya hanya Rp 6 ribu kini untuk kualitas yang biasa saja harganya mencapai Rp 10 ribu. “Kalau kualitas super harganya bisa mencapai Rp 12 ribu per kg,” ungkap Bambang, seorang pedagang di Pasar Ratu Jepara, Kamis (26/2).

Menurut pria berumur 50 tahun tersebut kenaikan harga bawang hingga mencapai berlipat tidak lain kondisi cuaca yang tidak menentu. “Banyak sawah yang terendam sehingga stoknya berkurang sehingga berpengaruh terhadap harga,” ungkapnya warga Kelurahan Jobokuto ini.

Selain bawang merah, Kepokmas lainnya yang harganya juga naik adalah gula pasir atau gula putih. Per kg harga sebelumnya berkisar Rp 6 ribu. “Kini per kg harganya Rp 7.250,” tandas Bambang.

Sementara beberapa Kepokmas lain harganya justru turun. Diantara Kepokmas yang turun minggu ini adalah cabe merah keriting. Per kg sebelumnya bisa mencapai Rp 10 ribu. Kini harganya lebih murah yaitu Rp 7 ribu.

Harga beras pun turun. Jenis C4 misalnya harga minggu lalu per kg bisa mencapai Rp 5 ribu. Kini harganya turun menjadi Rp 4.850. Begitu pula harga telur pun ikut turun dari harga semula Rp 11.500 kini harganya Rp 11 ribu.

Harga fluktuatif ini diakui oleh Sholikah pedagang Kepokmas lainnya. “Harga beberapa hari ini terakhir memang ada yang naik dan ada yang turun,” terangnya.

“Harga gula pasir naik dari Rp 6 ribu menjadi Rp 7 ribu per kg. Saya tidak tahu penyebabnya. Dari distributor naik ya kita naikkan harganya. Harga bawang merah juga naik,” ungkapnya.

Harga minyak goreng jenis curah justru turun dari semula. Per kg harga sebelumnya hanya Rp 8. 150. Kini harga per kg hanya Rp 7.650. Harga cabe pun melorot dari sebelumnya Rp 12 ribu kini harganya Rp 7 ribu per kg. (zis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar