Kamis, 26 Februari 2009

Hantu Demam Berdarah

Bahaya DBD Masih Mengancam
Februari Dua Nyawa Melayang

JEPARA-Jeda waktu antara hujan dan panas yang terjadi belakangan ini mengkhawatirkan orang tua yang mempunyai anak. Dalam kondisi seperti ini wabah demam berdarah dengue (DBD) mengancam kelangsungan hidup bukan hanya anak-anak tapi juga orang tua dan kelompok umur lainnya.

“DBD masih mengancam. Kami minta masyarakat tetap waspada terhadap penyakit mematikan ini,” ungkap Karyoto, staf di Seksi Penyehatan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PL), kemarin.

Curah hujan yang masih tinggi diselingi panas membuat perkembangbiakkan nyamuk aedes aigypthi berkembang cepat. Kondisi ini membuat penyebaran penyakit menular ini benar-benar patut diwaspadai masyarakat.

Karyoto mengakui bahwa tren beberapa minggu terakhir jumlah penderita DBD meningkat meski kenaikannya tidak sedrastis tahun lalu. Dia mencontohkan minggu ketiga yaitu tanggal 15 Februari hingga 21 Februari 2009 angka penderita DBD mencapai 82 penderita baik kasus maupun tersangka.

Bandingkan pada minggu sebelumnya yaitu tanggal 8 Februari hingga 14 Februari 2009 jumlah penderita DBD hanya 73 orang baik sudah divonis kasus maupun baru tersangka. Jumlah total penderita DBD pada bulan Februari tanggal 1 hingga 21 Februari berjumlah 209 orang. Sementara jumlah penderita yang meninggal pada bulan ini sementara dua orang.

Pada bulan Januari jumlah penderita DBD tercatat sebanyak 292 orang. Sedangkan jumlah penderita yang meninggal jumlahnya dua orang. Dengan demikian jumlah total penderita DBD yang tercatat dan masuk di Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara sebanyak 501 orang dengan jumlah penderita yang meninggal sebanyak empat orang.

“Masyarakat kita minta tidak lengah dengan tetap melakukan tindakan pencegahan dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) untuk memutus daur hidup. Untuk meminimalisir penyebaran penyakit ini ya dengan jalan membersihkan lingkungan,” ungkap Karyoto. (zis)

Grafis jumlah penderita DBD di Jepara tahun 2009

Januari :
Jumlah Kasus : 226 orang
Jumlah Kasus Tersangka : 66 orang
Jumlah penderita total : 292 orang
Jumlah penderita meninggal : 2

Februari hingga tanggal 21
Jumlah Kasus : 162 orang
Jumlah Kasus Tersangka : 47 orang
Jumlah penderita total : 209 orang
Jumlah penderita meninggal : 2 orang

Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar