Selasa, 24 Maret 2009

Pemilu 2009

KPU Dapat Tambahan Sampul Suara 10.012

Kekurangan Surat Suara Masih Menunggu



JEPARA-Sabtu malam (21/3), KPU Jepara mendapatkan tambahan logistik berupa sampul jenis II.S.2 dengan jumlah sebanyak 10.012 buah. Jenis logistik ini untuk keperluan pengepakan surat suara dari KPU ke PPK. Sementara untuk kekurangan surat suara sebanyak 12.138 baik karena rusak hingga kemarin belum ada kejelasan kapan segera dikirim ke Jepara oleh percetakan.

”Tadi malam (kemarin malam-red) KPU mendapatkan tambahan berupa sampul untuk pengepakan surat suara,” ujar Anik Sholihatun, kemarin.

Sambil menunggu kedatangan surat suara yang masih kurang sebanyak 12.138, KPU Jepara terus mendistribusikan logistik yang sudah lengkap. Kotak suara jenis DPR RI beserta isinya hingga kemarin terus disalurkan ke PPK. ”Secara umum dari lima daerah pemilihan (Dapil) yang ada, empat Dapil penyaluran kotak suara jenis DPR RI beserta isinya sudah rampung. Kini tinggal Dapil I yang meliputi Jepara, Tahunan, Kedung dan Karimunjawa yang belum rampung,” jelas perempuan berjilbab ini.

Belum rampungnya pengiriman kotak suara DPRD beserta isinya juga terkait belum datangnya surat suara yang kurang dimana hingga saat ini belum juga datang. Karimunjawa sendiri menurut Anik sesuai jadwal KPU sebetulnya dijadwalkan mulai 20-26 Maret seharusnya mulai dikirim. ”Tapi karena surat suara masih kurang ya kami harus menunggu sampai seluruhnya lengkap,” tutur Anik.

Lalu kapan surat suara baik jenis DPR RI, DPRD I, DPRD II dan DPD yang kurang bisa segera diatasi? Sampai kemarin Anik belum mendapatkan kepastian kedatangan surat suara yang kurang, baik karena rusak ataupun karena belum dikirim. ”Kami mendapatkan informasi dari KPU pusat bahwa tiga hari ke depan surat suara yang kurang akan datang. Ya kita lihat saja sampai batas waktu pengiriman pada 26 Maret mendatang,” ungkapnya.

Karimunjawa sendiri diakui menjadi prioritas pengiriman. Pasalnya dengan faktor geografis yang begitu jauh, sebisa mungkin distribusinya didahulukan. Meski demikian rencana itu belum bisa dilakukan karena sampai kemarin pun surat surat belum juga datang. ”Tapi kami masih optimis pengiriman logistik ke Karimunjawa maupun ke PPK untuk beberapa jenis surat suara bisa selesai pada waktunya,” jelas Anik.

Anik menambahkan bahwa selain program sosialisasi dan distribusi logistik yang masih berjalan, KPU Jepara juga melakukan bimbingan teknis (Bintek) tentang Tata Cara Pemungutan Suara kepada petugas KPPS seluruh Jepara yang dilaksanakan di masing-masing PPK dan PPS. ”Ini dilakukan agar petugas dilapangan menguasai tata cara pemungutan suara terutama karena secara administrasi dan perlengkapan masih banyal yang harus dipersiapkan,” jelasnya. (zis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar